Written By Unknown on Rabu, 26 November 2014 | 18.15

CARA MENANGKAR BURUNG CIBLEK
Cara menangkar ciblek di sangkar harian. Berikut ini beberapa langkah-langkah dasar menangkar ciblek di sangkar harian :
  1. Sangkar yang digunakan minimal berukuran 35 x 35 cm2. 
  2. Pastikan ciblek yang akan ditangkar adalah ciblek dewasa, berkelamin jantan dan betina. 
  3. Masukkan ciblek jantan dan betina dalam satu sangkar tersebut.
  4. Siapkan sarang ciblek untuk bertelur. Sarang sebaiknya ditaruh di bagian atas sangkar karena insting burung selalu bersarang di tempat yang lebih tinggi.
  5. Tempat sarang bisa dari bahan rotan. Sedangkan bahan dasar sarang bisa dengan jerami kering atau serat nanas.
  6. Jangan memindah sangkar dan merubahnya. Karena berdasarkan pengalaman, jika sangkar sering dipindah-pindah ciblek akan membuang telurnya. Bahkan untuk membersihkan kotorannya pun, ciblek bisa saja membuang telurnya. Ini dikarenakan ciblek membutuhkan suasana yang nyaman, tenang, dan bebas dari gangguan. 
  7. Tempatkan sangkar penangkaran di tempat yang tinggi. Kalau bisa di ruangan khusus yang jauh dari aktivitas orang.
  8. Jika ciblek sudah bertelur dan telur sudah menetas, maka tunggulah sampai anakan cibelk berumur 10-15 hari. Di usia itu bisa dipasangi ring kode untuk tanda pengenal.
  9. Anakan ciblek berusia 15 hari bisa diloloh secara manual, agar indukan betina segera bertelur lagi. Setelah anakan diambil, indukan ciblek akan bertelur lagi sekitar 1-2 minggu kemudian.

Itulah beberapa langkah-langkah dasar tentang cara menangkar ciblek di sangkar harian. Cara yang sederhana belum tentu tidak maksimal hasilnya. Yang penting ketelitian dan ketekunan kita dalam menjalankannya. Selamat mencoba beternak ciblek agar populasinya tidak punah. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Menangkar Ciblek Di Sangkar Harian Dan Berhasil. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. 


G+

Anda baru saja membaca artikel tentang TERNAK BURUNG CIBLEK. Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari Ternak Burung Peliharaan
feedburner

0 komentar:

Posting Komentar

Ternak Burung Peliharaan © 2014. All Rights Reserved.
Template SimpleCips By SEOCIPS.COM , Powered By Blogger